Search This Blog

Tuesday, July 31, 2012

MEMINDAH ORIGIN

Tips Blender memindah origin pada titik yang kita tentukan.


Apa itu origin..?? Origin adalah titik pusat rotasi object (mesh), saat kamu merotasikan object, object itu memiliki titik pusat rotasi, titik pusat rotasi inilah yang bisa kita pindah letaknya. Titik origin bisa dipindah dalam ruang lingkup object dan juga bisa berada di luar object tetapi tetap mengendalikan object saat object itu dipindahkan atau dirotasikan. Kamu bisa memindah origin di manapun yang kamu tentukan.

Ada dua cara memindah origin : (Pengaturan Shortcut Default Blender)

1. Select object > edit mode > select vertex / edge atau face kemudian pindahkan cursor pada titik itu, saat memilih edge atau face cursor secara otomatis akan berpindah tepat di tengah edge atau area face yang dipilih. Kamu pun bisa memilih lebih dari dua vertex, edge atau face.

Urutannya : Select object > edit mode (Tab) > select (vertex, edge atau face) > Snap (Shift + S > Cursor to Selected) > kembali ke object mode (Tab) > Set Origin (Shift + Ctrl + Alt + C > Origin to 3D Cursor ). Origin telah pindah tepat pada titik Cursor..

2. Cara No. 1 di atas mungkin agak sedikit merepotkan... :p ..tapi ada solusinya menggunakan cara ke dua :)
Dengan cara ini pemindahan origin lebih cepat  hanya dengan menekan Alt + C maka origin pindah pada titik yang telah kita tentukan. Cara yang saya maksud adalah dengan bantuan Add ons Origin to selected.

Urutannya seperti pada No.1 tapi set originnya cukup dengan menekan tombol Alt + C.

Lihat video tutorial memindah origin dan contoh penerapannya di bawah ini







4 comments: